dear Paulo

katakan Paulo:
apakah mimpi sedang memperjuangkan aku?

aku
yang sedang kelelahan menjulurkan leher ke bintang
diserang linu dan kram pada otot netra
mimpi jadi seperti kata-kata dalam spanduk
tidak pula ada gambarnya

aku punya
tapi entahlah, apa aku masih yakin

katakan Paulo:
apakah mimpi sedang memperjuangkan aku?

aku
yang pernah menggadai harga diri, melupakan tata-titi
melemparkan bola api dengan menelanjangi diri
menghunus, menerjang, meradang di medan kenyataan yang kau sebut perang
setidaknya, aku jujur pada diri sendiri
memberi bentuk kepada mimpi

ya, aku luka-luka
tapi tak pernah takut mati

katakan Paulo:
apakah mimpi yang seperti slogan tak bernyawa
bisa menemukan jalan untuk merupa –
kalau kulepas ia terbang berkelana sendiri di mangkuk semesta
teriring nyaliku yang tinggal seutas
tapi kutitip rajahku di mata panahnya “ini mimpiku” ?

kalau ini semua disebut perang, pertarungan, perjuangan atau apa lah
… aku sedang gencatan senjata

demi menanggapi :
“When a person truly desires something, all the Universe conspires to help that person realize his dream.”
– Paulo Coelho

Leave a Reply

